APLIKASI DARI MINERAL NEPHELIN (NaAlSiO4)

(Oleh: Hedi Hastriawan – 03111002011)

            Mineral merupakan salah satu unsur penyusun dari batuan-batuan yang memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Seperti alat bangunan rumah, keramik, hiasan rumah tangga, barang guna pakai dan sebagainya serta dapat digunakan dalam berbagai produk kegiatan indusri sehingga memiliki manfaat yang komersial dan bernilai ekonomis tinggi.

Nephelin merupakan suatu mineral yang mempunyai rumus kimia NaAlSiO4 yang berwarna putih keabu-abuan yang bersifat nonlogam sehingga tidak memiliki dampak bahaya negatif jika dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai benda hiasan rumah tangga, alat guna pakai ataupun sebagai bahan perumahan sehari-hari. Perlu diketahui bahwa mineral nephelin ini memiliki kilap kaca serta belahannya jelas sehingga sangat baik digunakan sebagai hiasan-hiasan pengganti kaca yang ada dirumah-rumah karena sifat dari mineral ini yang memiliki nilai estetis yang bernilai ekonomis seperti kita lihat dari segi kilapannya yang seperti kaca, dan belahannya yang jeas sehingga enak dipandang sebagai hiasan dirumah.

Dengan dijadikan mineral ini sebagai hiasan rumah tangga tentu pabrik-pabrik industri berbondong-bondong ingin memproduksi berbagai produk-produk dengan berbahan dasarnephelin ini sebagai pengganti kaca sehingga menjadikan nephelin ini sebagai bahan dasar pembuatan produk komersial yang bernilai jual dan menguntungkan karena nilai estetisnya yang memiliki nilai jual yang tinggi. Nephelin merupakan  suatu mineral yang mempunyai keindahan tekstur dan strukturnya yang jika di olah sedemikian rupa mampu menghasilkan suatu karya karsa yang luar biasa dan unik. Banyak dari para produsen seni yang menggunakan nephelin sebagai bahan dasar seni pahat dan sebagainya karena menurut mereka nephelin memiliki betuk seni tersendiri yang mampu menggugah mata konsumen yang melihatnya sehingga seniman memiliki rasa kepuasan tersendiri disamping peluang usaha yang besar bagi mereka untuk memperoleh keuntungan dari sini.

Jadi, mineral nephelin ini merupakan mineral yang memiliki manfaat dan kegunaan yang banyak bagi setiap orang terutama dalam peralatan rumah tangga serta produk industri. Karena mineral merupakan suatu padatan yang terbentuk secara alami di alam yang mempunyai bantuk tertentu sehingga dapat kita manfaatkan semaksimal mungkin.

 

Sumber:http://Geology.com/ (diakses pada tanggal 24 Oktober 2012, Pukul 16.45 WIB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s